Cara Mengobati Perut Kembung

cara mengatasi perut kembung
Cara mengatasi perut kembung - Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman dan umumnya terjadi ketika kadar gas di dalam perut berlebih. Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, misalnya karena maag, masuk angin atau adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi, sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus.

Kembung juga bisa disebabkan karena gangguan pencernaan lain seperti iritasi atau infeksi usus dan sembelit. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.

Makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak bisa dipecah oleh enzim pencernaan di dalam usus kecil sehingga ketika mencapai usus besar yang mencerna adalah bakteri. Proses ini bisa menghasilkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.

Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di perut. Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan cara buang angin atau bersendawa.

Hal itu bisa membantu menjaga tekanan dalam saluran usus agar tetap rendah. Rata-rata orang akan melepaskan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 14 kali dalam sehari baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Tapi jika hal itu tidak terjadi, perut akan merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas. Selama masih belum dalam kondisi yang kronis, perut kembung bisa diatasi dengan cara-cara alami. Ini dia beberapa tips mengatasi perut kembung :

1. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna
Melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup, salah satunya pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh seperti nasi, jeruk, anggur serta menghindari makanan yang mengandung gas tinggi (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong).

2. Hindari Makanan Pemicu Kembung
Beberapa orang kadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik. Misalnya sebagian orang mengalami intoleransi laktosa, yaitu tubuh tidak memiliki enzim yang dapat mencerna laktosa pada susu sehingga ketika meminum susu, perutnya akan sembelit atau kembung. Maka sebaiknya hindari minuman dan makanan olahan dari susu. 

3. Makan Sedikit-sedikit
Sebaiknya makan 6 kali sehari dengan porsi kecil dibandingkan dengan tiga kali dalam porsi besar. Karena makanan yang lebih kecil akan lebih mudah dicerna serta lebih sedikit menghasilkan gas.

4. Gunakan Minyak Gosok Hangat

Salah satu cara mengatasi kembung adalah mengompres perut dengan air hangat. Namun ada banyak kondisi di mana Anda tidak bisa membawa alat kompres setiap saat. Maka bawalah minyak gosok hangat. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih agar daerah perut terasa lebih hangat.

5. Minum Jahe Hangat

Jahe adalah tanaman yang dapat memberi efek hangat tanpa rasa perih di lambung. Anda bisa mengonsumsi jahe hangat di saat perut kembung. Jahe juga memberi efek anti inflamasi, sehingga dapat memberi daya tahan tubuh saat hujan. Cara membuat jahe hangat sangat mudah. Ambil sedikit jahe, cuci, kupas, keprek, campur dengan air panas dan beri sedikit madu atau gula.

6. Hindari Dulu Susu dan Kafein

Untuk sementara waktu, hindari dulu mengonsumsi susu atau kafein di saat perut kembung. Susu adalah makanan yang sulit dicerna sebagian orang, sehingga dapat membuat perut makin kembung. Kafein juga dapat memicu perut semakin kembung. Kafein tidak hanya ada pada kopi, teh dan cokelat juga mengandung kafein.

7. Kurangi Makanan Manis

Makanan manis juga bisa menimbulkan rasa kembung. Untuk sementara, kurangi asupan rasa manis, terutama gula. Jika lidah Anda ingin menikmati makanan manis, pilihlah buah-buahan segar yang tidak terlalu asam.
Selamat mencoba cara mengatasi perut kembung.
Semoga tips-tips ini bisa membuat Anda lebih sehat dan dapat mengatasi kembung. (baca juga : Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar)
Cara Mengobati Perut Kembung Cara Mengobati Perut Kembung Reviewed by Unknown on 5:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.