Cara Mengatasi Susah BAB

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) - Pernahkah Anda mengalami susah buang air besar (BAB) atau sembelit? Normalkah buang air besar Anda? Apakah tiap hari Anda buang air besar ataukah dua hari sekali, atau bahkan seminggu sekali? 

Sebenarnya semua orang pernah mengalami sembelit atau susah buang air besar yang dalam istilah kedokteran disebut dengan konstipasi. Jika sampai dua hari saja itu masih dikatakan  normal, tetapi kalau tidak buang air besar (BAB) dalam tiga hari atau bahkan lebih, maka Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi konstipasi ini.
cara mengatasi susah BAB

Jika Anda mengalami sembelit, jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Sembelit atau susah BAB bisa mengakibatkan wasir, karena feses terlalu keras sehingga melukai dubur yang akhirnya ketika buang air besar (BAB) dubur Anda berdarah. Selain itu, feses yang tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan penyakit.

Sembelit atau konstipasi memang menjengkelkan karena menimbulkan begah atau rasa penuh di dalam perut. Hal ini jelas mengganggu. Selain itu, orang yang sembelit kadang merasakan perutnya sakit dan kembung. Saat konstipasi terjadi ada sebagian orang yang merasakan perutnya keras dan akan terasa sakit jika ditekan. Jika sembelit terjadi, segeralah ambil langkah untuk mengatasi susah buang air besar (BAB) atau sembelit agar tidak berlarut-larut.

Ada beberapa cara mengatasi sembelit atau cara mengatasi susah buang air besar. Cara mengatasi susah BAB bisa bermacam-macam tergantung dari kondisi si penderita konstipasi. Namun, secara umum cara mengatasi susah buang air besar (BAB) dapat dilakukan dengan cara-cara dibawah ini :
  • Langkah  mengatasi susah buang air besar atau sembelit adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.
  • Perbanyak konsumsi serat yang bisa didapatkan dari buah-buahan, sayur atau sereal. 
  • Ketika buang air besar di toilet duduk, letakkan kaki di atas tumpuan kursi kecil atau sejenisnya sehingga posisi lutut lebih tinggi dari pinggang. Posisi lutut yang lebih tinggi dari pinggang akan lebih memudahkan kotoran keluar.
  • Lakukan olah raga secara teratur. Jalan kaki atau lari kecil itu sudah cukup yang penting dilakukan dengan teratur.
  • Terapkan rutinitas buang air besar (BAB). Tetapkan kapan dan dimana Anda bisa buang air besar secara rutin dan teratur. Pagi hari ketika di rumah adalah waktu dan tempat yang biasanya orang bisa buang air besar secara rutin dan juga merasa nyaman. Rutinitas BAB ini akan membantu Anda terbiasa BAB setiap hari dengan teratur dan rutin.
  • Jangan menunda buang air besar (BAB) ketika memang sudah butuh dan mendesak.
Demikianlah cara alami mengatasi susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas, konstipasi akan mudah diatasi. Namun jika langkah tersebut tidak mampu mengatasi sembelit atau susah BAB, sepertinya Anda perlu minum obat. Konsultasilah ke dokter jika sembelit terus berlanjut. Anda juga perlu membaca Waspadai Penyebab Susah BAB ini.

Cara Mengatasi Susah BAB Cara Mengatasi Susah BAB Reviewed by Unknown on 3:35 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.